Ayo kita belajar memtransformasi sebauah objek..
saya akan memtranformasi objek Cylinder menjadi Nuklir..
Silahkan disimak..
Cara Membuat Objek 3D Nuklir
Pada projek kali ini saya membuat objek nuklir dengan dilengkapi dengan texture, pencahayaan, rigging, dan animasi.
Disini texture berguna untuk memberikan warna pada objek, efek pada objek, gambar pada objek, dan lain-lain. Sedangang kan pencahayaan berfungsi untuk membarikan efek cahaya pada objek. Disini ada 5 macam pencahayaan, yaitu : point, sun, spot, hemi, area.
Rigging disini digunakan untuk pemberian tulang pada objek agar objek dapat sekan memiliki tulang yang nantinya dipergunakan untuk efek animasi yang dapat menggerakkan objek. Sedangkan animasi digunakan untuk membuat objek yang kita buat dapat bergerak sesuai yang kita inginkan.
Sekarang kita mulai dengan membuat objek terlebih dahulu. Disini saya membuat objek nuklir. Berikut cara-cara membuatnya:
· Pertama buat lah ojek baru dengan cara
ADD à MESH à CYLINDER
· Lalu kita masuk kedalam EDIT MODE.
Disini saya akan membuat objek lebih panjang dengan cara tekan ‘S’ pada keyboard lalau ‘Z’ yang berfungsi untuk memperbesar objek searah dengan sumbu Z.
· Lalu saya menggunakan OBJECT MODIFIERS yang berfungsi untuk memodifikasi objek. Disini sya memodifikasi bentuk dari objek saya menjadi lebih berdentuk agar tidak terlalau kakau.
Klik OBJECT MODIFIERS à ADD MODIFIER à SUBDIVISION SURFACE
· Ini adalah bagian dari menu texture. Disini saya akan memberikan warna-warna pada objek yang saya buat.
MATERIAL à RENAMA OBJEK à ATUR WARANA YANG DIINGINKAN
· Bagian yang terakhir saya akan memberikan pencahayaan pasa objek saya. Saya akan menggunakan kelima-limanya teknik pencahayaan yang ada pada blender.
ADD à LAMP à PILIH JENIS LAMP
1. POINT
2. SUN
3. SPOT
4. HEMI
5. AREA
Berikut cara membuat Rigging dan Animasi
· Pertama kita sediakan objek yang ingin kita berikan bone
· Lalau kita buat bonenya
ADD à ARMATURE à SINGLE BONE
· Atus bone yang telah kita buat agar letaknya pas dengan objek kita
· Setelah itu agungkan bone dengan objek
Sleksi bone dan bojek kita à Ctrl+P à ARMATURE DEFORM
· Setelah itu objek dengan bone telah menyatu. Selanjutnya kita akan membuat animasi pada objek yang telah diberi bone tersebut.
Tekan tombol merah yang berada di samping kanan bawah. Itu gunanya untuk merekam gerak objek sesuaoi yang kita inginkan.
Diatas merupakan pergerakan dari nuklir yang diberikan animasi. Nuklir bergerak dari titik awal, melaju ke atas dan mendarat kebawah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar