BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Nama dan Alamat Perusahaan
Nama
Perusahaan : Drop Point
Alamat
Perusahaan : Jl. Haji Solihin No 16
Depok – Jawa Barat
No
Telp : (021) 75751145
1.2
Nama dan Alamat Pemilik
Nama
Pemilik : Yohanes Christomas
Daimler
Alamat
Pemilik : Puri Nirwana 1 Jalan
Kalasan IV Blok CC 18
RT09/RW16 Cibinong – Bogor
RT09/RW16 Cibinong – Bogor
No
Telp : (021) 8761157
1.3
Nama dan Alamat Penanggung
Jawab
1.
Nama : Adistya Triutami
Alamat : Jl. Persimpangan Jambu 2 No 36 Bogor
No Telp : (021) 64535667
2.
Nama : Nurjanah
Alamat : Perumahan Hollywood Jl. Sandiego Tanah Baru
- Bogor
No Telp : (021) 67885255
3.
Nama : Pascania Humairoh
Alamat : Perumahan Angkasa No 19 Cibubur
No Telp : (021) 76685622
1.4
Informasi Bisnis yang
Dilaksanakan
Perusahaan kami
bergerak dalam bidang jasa dengan tujuan membantu mempromosikan serta
menjembatani antara pihak penjual dengan pihak pembeli khususnya bagi mereka
yang masih merasa dan beranggapan bahwa jual-beli berbasis online merupakan
bisnis penipuan.
Dengan adanya Drop
Point kami, diharapkan mampu menciptakan tingkat kepercayaan yang tinggi dimana
bisnis kami ini tersebar diseluruh kota besar di Indonesia dengan membangun
sebuah store di masing-masing kota. Sehingga pembeli dapat mereview secara
langsung untuk segala barang yang ada dalam store kami. Baik itu barang baru
ataupun barang bekas.
Adapun maksud dan
tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1.
Berperan aktif dalam
bidang bisnis dan kewirausahaan
2.
Menyediakan informasi
barang yang diperdagangkan
3.
Membangun store Drop Point
di kota-kota besar
4.
Meningkatkan rasa
kepercayaan terhadap online shop
5.
Memudahkan penjualan
secara online
6.
Mempromosikan secara
berkala dengan sistem kontrak
7.
Mendapatkan keuntungan
atau laba dari bidang jasa
BAB
2
RANGKUMAN
EKSEKUTIF
2.1
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi yang semakin meningkat dari masa kemasa, pada saat ini memungkinkan
masyarakat untuk menciptakan ide-ide
kreatif dan inovatif dalam membangun sebuah bisnis serta kewirausahaan. Kehadiran
internet sebagai sarana komunikasi mengalami perluasan fungsi diantaranya dapat
mengakses informasi melampaui batasan ruang dan waktu. Oleh karena itu berawal
dari pemanfaatan teknologi sebagai acuan untuk membangun suatu bisnis serta
kewirausahaan kecil ataupun tanpa modal banyak dengan ekspetasi bisnis dan
kewirausahaan tersebut dapat berkembang cepat dan mampu di pasarkan ke seluruh
wilayah. Asas kepercayaan pun di tekan kan dalam pemanfaatan teknologi yang ada
pada saat ini. Di karena kan tidak sedikit dari mereka yang telah tertipu
dengan banyak nya perdagangan online yang sengaja dibuat untuk menipu.
Bisnis dan
kewirausahaan tersebut pun beragam mulai dari pengadaan jasa pengiriman yang
telah dilengkapi dengan fasilitas online tracking, hingga penjualan barang
dagang secara online. Untuk yang terakhir disebutkan saat ini mulai banyak
diminati. Penjualan barang dagang secara online cukup diminati karena praktis.
Namun demikian yang banyak dikembangkan saat ini adalah Drop Point yaitu penjualan
barang baru atau bekas secara online ataupun langsung datang ke store kami yang
terdapat di kota-kota besar.
Drop Point merupakan
salah satu online shop yang kian hari kian berkembang dan membangun minat
masyarakat untuk mencari barang baru dan bekas berkualitas. Ide bisnis ini
didasari adanya keinginan untuk memberikan kontribusi ke pada masyarakat bahwa
belanja melalui online itu mudah dan praktis, serta meningkatkan rasa
kepercayaan terhadap penjual yang memperdagangkan barangnya melalui jasa kami
ini, karena kami merupakan pihak ketiga yang dipercaya sebagai pihak penengah
antara penjual dengan pembeli.
Bisnis ini
diharapkan dapat dimanfaatkan oleh umum, serta mewadahi minat dari masyarakat
yang ingin mempromosikan barangnya secara online, sekaligus semakin
menyebarluaskan informasi jual beli barang secara online keseluruh daerah.
2.2 Tujuan
Membantu mempromosikan
suatu produk yang terdapat dalam online shop dari berbagai wilayah dengan
melihat dari tingkat pemasaran bisnis serta jalinan kerjasama antar pihak
penjual dengan jasa Drop Point yang kami buat ini. Dengan harapan tingkat
penjualan dan pemasaran produk tersebut mencapai 75-100% dari penjualan
sebelumnya. Kami juga membantu masyarakat, untuk memasarkan produk mereka
secara online melalui website kami, baik itu barang baru ataupun bekas, dengan
jangka waktu kontrak dan syarat yang telah disetujui bersama oleh pihak penjual
serta Drop Point.
BAB
3
DESKRIPSI
USAHA
3.1 Sejarah
Berdirinya Usaha
Drop Point
merupakan suatu usaha bisnis di bidang teknologi. Drop Point memberikan
pelayanan untuk jual beli barang ataupun jasa. Barang yang kami jual berupa
barang baru ataupun bekas. Sedangkan jasa, kita memberikan pelayanan jasa untuk
mempromosikan suatu barang yang ingin dijual. Drop Point didirikan oleh empat
orang mahasiswa yang berpotensi di bidang Teknologi dan bisnis. Bisnis ini
diawali dengan melakukan bisnis secara online melalui media sosial seperti
Facebook, blogger, Twitter dan juga Instagram. Hingga pada akhirnya memiliki
suatu tekad untuk membentuk usaha yang lebih luas.
3.2 Visi dan Misi
·
Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan
pelayanan atas kebutuhan dalam hal jasa mempromosikan dan penjualan barang
dengan harapan tingkat penjualan dan pemasaran
produk tersebut mencapai 75-100% dari penjualan sebelumnya.
·
Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan
berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
·
Motto : "Semakin Dekat, Semakin Cepat, Semakin
Hemat"
3.3 Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan kota-kota besar yang ada
di Indonesia. Lokasi kantor pusat berada Jakarta. Beberapa cabang Drop-P yang
dibuat di kota-kota besar tersebut kemudian menyalurkan pemesanan atau jual
beli barang ke berbagai daerah-daerah yang lebih luas sesuai cabang Drop-P yang
berda di kota-kota anda.
3.4 Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha jasa Drop-P
ada 2 bagian. Pertama jasa Drop-P berbasis website yang melayani permintaan
masyarakat selama 24 jam, sedangkan untuk jasa pengiriman barang-barang yang
dibeli buka dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB.
3.5 Kesan (Counter Style)
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan
adalah ”Comfortable and High
Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat
pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang
memuaskan.
3.6 Target Pelanggan
Target pelanggan jasa Drop-P ini adalah : semau
masyarakat yang sedang mencari atau ingin membeli barang-barang yang diingnkan
baik melalui website atau berbagai media yang disediakan. Mereka merupakan
produsen utama untuk menggunakan jasa Drop-P.
3.7 Sumber
Daya
Sumber
daya menggunakan beberapa alat diantaranya :
1) Handphone,
sebagai sarana media komunikasi antara konsumen dengan penjual.
2) Laptop
atau komputer, sebagai sarana media elektronik untuk mengakses situs.
3) Koneksi
internet, sebagai sarana media pendukung untuk mengakses situs.
3.8 Metode
yang digunakan
·
Memiliki Website Pemasaran
Memasarkan
produk-produk yang diperdagangkan secara online pada website kami, sehingga
pengunjung website dapat dengan jelas mengetahui kondisi dan kelengkapan barang
yang dijual. Website tersebut selalu terupdate ketika pedagang menginput
informasi mengenai barang dagangan nya di online store kami.
·
Banner Iklan pada Website
Lain
Memberikan program
afiliasi pada website yang memasang iklan dari website Drop Point, yang
dimaksud dengan program afiliasi ini adalah suatu layanan yang disediakan untuk
membantu mempromosikan barang dagangan dari Drop Point dengan imbalan sebuah
point setiap penjualan dari dagangan tersebut. Jika point tersebut telah
terkumpul, maka dapat ditukarkan dengan beberapa hadiah menarik sebagai imbalan
karena telah turut serta membantu memasarkan dagangan dari Drop Point kami.
·
Pemasaran Secara Lokal
Dengan hadirnya
Drop Point kami di kota-kota besar, semakin memudahkan anda untuk dapat
mereview secara langsung barang yang diperdagangkan dan tentu nya dapat
melakukan pembayaran ditempat. Membagikan beberapa brosur ke masyarakat secara
berkala setiap bulan agar barang yang dipromosikan selalu update dan diketahui
oleh pembeli.
·
Pemasaran Secara
Elektronik
Media yang dekat
sekali dengan masyarakat adalah media elektronik seperti televisi, radio, dan
handphone. Dengan memanfaatkan media ini sehingga memudahkan kami dalam
mempromosikan jasa yang kami berikan kepada masyarakat menjadi lebih mudah dan
efisien.
·
Pemanfaatan Media Jejaring
Sosial
Media sosial
merupakan media online yang penggunanya bisa dengan mudah memanfaatkannya untuk
berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi
komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Media sosial adalah salah satu alternatif kegiatan pemasaran yang tidak
membatasi wilayah jangkauan, waktu, pelanggan dan tempat.
·
Online Tracking
Untuk mengecek
pengiriman barang telah tersedia di Drop Point kami yang terdapat pada suatu
kota besar di seluruh Indonesia
3.9 Jasa
Layanan yang Ditangani
Mencari
barang baru dan bekas berkualitas seperti produk :
1.
Handphone
2.
Komputer
3.
Fashion
4.
Mobil dan Motor Bekas
5.
Rumah dan Properti
6.
Peralatan Rumah Tangga
7.
Aneka Jasa dan Lowongan
Kerja
8.
Pemasangan Iklan
3.10 Prosedur
Penjualan, Pembelian dan Pemasangan Iklan
·
Prosedur Penjualan
Kami menerapkan prosedur
yang sesimple mungkin untuk menghemat waktu, kepada penjual diharapkan
memberikan data informasi yang dibutuhkan untuk mempromosikan produk yang akan
dijual. Seperti informasi tentang barang yang akan dijual, foto-foto, harga,
nama penjual, dan kontak yang bisa dihubungi.
·
Prosedur Pembelian
Pembelian
di Drop Point ini dapat dilakukan dengan dua cara, dapat melalui iklan yang ada
di media sosial, ataupun bisa langsung datang ke toko kami. Jika pemesanan
dilakukan lewat media sosial, maka dapat memilih barang yang akan dipesan
dengan mengisi formulir dengan melakukan pembayaran dapat dilakukan dengan cara
transfer ke rekening, namun jika pembelian dilakukan di toko, maka pembeli bisa
langsung memilih barang apa yang ingin di beli dan dapat bayar ditempat.
Setelah pembayaran dilakukan, kita akan mengirim barang ke tempat tujuan.
·
Prosedur Pemasangan Iklan
Mengisi data informasi
yang akan di iklankan seperti nama produk, foto-foto, harga, dan spesifikasi
barang secara online melalui website kami. Ataupun menjalin kerjasama kontrak.
BAB 4
STRATEGI PEMASARAN
3.1 Produk
Produk yang ditawarkan oleh Drop Point berupa barang baru dan
barang bekas. Bukan hanya barang yang baru saja yang mendapatkan garansi,
Meskipun bekas barang yang kami tawarkan tentu dalam kualitas yang baik dan
masih dalam garansi toko. Sebelum melakukan transaksi, pembeli berhak untuk
menanyakan kondisi barang dan kami akan menjelaskan kondisi fisik yang ada.
3.2 Harga
Dari segi harga, tentu harga kami mengikuti kualitas pada
produk yang kami tawarkan. Kamipun akan memberikan harga spesial untuk harga grosir.
3.3 Promosi
Strategi mengenai bagaimana produk kita dapat dikenal oleh
konsumen melalui beberapa cara :
1.
Iklan
a.
Media Cetak : Brosur,
spanduk, poster, iklan majalah atau koran.
b.
Media Elektronik : Iklan
TV, Jingle Iklan Radio
c.
Media Sosial : Facebook,
Twitter, dan Blogger
2.
Promosi Penjualan
Promosi
melalui acara atau pameran yang digelar di tempat keramaian dimana konsumen
produk berada dan juga dilakukan penjualan ditempat. Pameran ini dapat
dilakukan enam bulan sekali.
3.
Penempatan
Drop Point ini terdapat
diberbagai kota besar di Indonesia. Strategi penempatan ini agar Drop Point
dapat ditemukan dengan mudah oleh para konsumen.
BAB 5
RISIKO
4.1 Evaluasi
tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Strength (Kekuatan)
1. Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif
dan inovatif
2. Dapat memenuhi kebutuhan penjual dalam
pemasaran
3. Memberikan pelayanan terbaik terhadap penjual
dan pembeli
Weaknes (Kelemahan)
1. Persaingan pasar dengan perusahaan yang
berskala nasional
2. Berubahnya kondisi perekonomian
Oportunity
(Peluang)
1. Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas
produk yang dijual, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing
dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2. Saat ini dengan belum adanya perusahaan
dengan bidang usaha sejenis Drop Point, membuat kami yakin bahwa kedepannya
perusahaan kami akan maju.
Threaty
(Ancaman) :
Munculnya
Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan
kami, dengan banyaknya hal baru yang lebih dikembangkan.
4.2 Gambaran
tentang Masa Kini
Resiko yang dihadapi adalah berupa
ancaman terhadap kelangsungan jumlah banyaknya jumlah penjual yang ingin
mencoba menipu melalui website Drop Point kami dengan membuat akun palsu. Hal
ini disebabkan karena kurang adanya
pengawasan secara langsung yang diterapkan. Sehingga kami memutuskan
untuk melakukan pengecekan dan memastikan bahwa daftar penjualan yang diwebsite
kami adalah nyata agar pengunjung yang membeli barang secara online bisa merasa
aman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar